Langsung ke konten utama

Review Film: Pengabdi Setan (2017)



Ibu Datang Lagi.
"Di kuburan kan cuma ada orang mati. Orang mati nggak bahaya."

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Kampret.                                          

Oke. Maaf.


Film yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar ini adalah sebuah reboot dari film dengan judul yang sama, yang ditayangkan tahun 1982. Bukan tanpa alasan sang sutradara, dari sekian banyak film horror, memilih film ini untuk dibuat ulang. Berbagai sumber, salah satunya situs rollingstone indonesia, mengklaim bahwa Pengabdi Setan (1982) adalah film Indonesia terseram sampai mereka mengeluarkan tulisan tersebut. Dan jika sampeyan bukan seorang pemalas, sampeyan bisa mencari tahu sendiri, mungkin dari pengalaman orang atau prestasi apa saja yang telah diraih oleh film originalnya garapan Sisworo Gautama Putra di internet, dan pertanyaan kenapa Bang Joko memilih film ini pasti terjawab.

Para Pemain

Baik, secara garis besar, film ini bercerita mengenai sebuah keluarga, yang terdiri dari Nenek, Bapak, Ibu, dan anak-anaknya—empat bersaudara, yang tinggal di sebuah rumah di perbukitan dekat area perkuburan—sebuah perpaduan yang sangat baik. Sang ibu sedang sakit dan kondisi keluarga tengah  kesusahan dalam hal ekonomi, sampai bapak khawatir tidak dapat membelikan obat untuk ibu.


Dalam kondisi sakit, ibu tidak bisa berjalan bahkan berdiri pun sepertinya tidak mungkin. Karena itu, jika ia ingin sesuatu, ia akan membunyikan lonceng untuk memanggil anggota keluarga lainnya. Singkat cerita, sang ibu pun meninggal dan disitulah cerita baru dimulai. Suara “Lonceng” mulai menghantui seisi rumah. Sesuai tagline-nya, Ibu Datang Lagi. Bukan untuk mengambil lonceng, namun menjemput anggota keluarganya.


Cukup itu saja. Tenang, itu sama sekali tak mengandung spoiler, karena semuanya menjadi materi promosi dari film tersebut yang dapat kita lihat atau baca di trailer dan sinopsis resmi dari pihak PH atau bioskop. Jadi, tenang, kalian akan senang bertemu dengan ibu.


Terus terang, saya belum pernah menonton film horror, khususnya dari Indonesia, di bioskop. Bahkan film-film box office macam The Conjuring, Sinister, Jailangkung, Pocong 2 dan lain-lain, belum saya tonton. Pertama, karena memang saya kurang suka genre film horror yang menjadikan hantu sebagai objek yang dieksploitasi—saya lebih suka yang gore-gore. Kedua, saya tidak punya seseorang untuk ditenangkan, ditutup matanya, dan dipeluk ketika ada jumpscare. Ketiga, suara saya fales ketika berteriak. Jadi, bukan karena saya “penakut”. Bukan. Catat itu baik-baik.


Lalu kenapa saya memutuskan menonton Pengabdi Setan buatan Joko Anwar?

Beberapa orang mungkin masih awam ketika mendengar namanya. Padahal, dia adalah salah satu sineas terbaik yang dimiliki bangsa ini. Karyanya sudah jalan-jalan di festival internasional dan berhasil pulang dengan penghargaan. Film A Copy Of My Mind contohnya yang menjadi film terbaik di Asian Project Market, Busan Internasional Film Festival 2014 lalu. Film lain karyanya, yang ‘menurut orang’ berbeda dengan film Indonesia kebanyakan dan unik, karena kebetulan saya belum melihat film-film lawasnya, adalah Kala, Pintu Terlarang, Ritual dan serial televisi HBO Asia, Halfworlds—yang menceritakan dedemit-dedemit Indonesia. Saya hanya menikmati beberapa film pendeknya di youtube. Dan ketika saya punya kesempatan untuk menyaksikan kegilaan sutradara. yang bisa dibilang ‘Quentin Tarantinonya Indonesia’, di bioskop, apalagi film horror, saya tidak punya alasan untuk tidak menontonnya.


Dalam durasi 107 menit atau 1 jam 47 menit, kita akan diajak masuk ke dalam suasana mencekam dan penuh ‘kejutan’. Bahkan di 10 menit pertama, kita seolah-olah sudah diberi pemanasan oleh Bang Joko, sebelum memasuki inti ceritanya.  Atmosfer yang mampu membuat kita menahan napas untuk beberapa saat.


Semua elemen sangat membantu dan saling melengkapi. Dari scoring yang pas, maksudnya ya digunakan secukupnya. Bukan cuman asal berisik saja. Penampilan aktor dan aktrisnya yang mampu menarik simpati penonton dan sampai ikut terbawa suasana. Dan yang paling  saya juga adalah sinematografinya. TOP. Saya belum pernah mendengar namanya sebelumnya, tapi Bang Ical Tanjung, si sinematografer, ini sangat bagus penyajian gambar-gambarnya. Setiap gambar seperti memberi tahu apa saja yang penting, yang harus dilihat. Indah. Mantaplah pokoknya. Oya, ditambah color grading yang menambah nilai plus film ini. 


Dan ada juga beberapa dialog dan celetukan yang mampu membuat satu studio tertawa dan tersentuh. Ada horrornya, sedihnya, humor yang kurang ajar. Komplit!


Setelah saya pikir-pikir, kunci film Pengabdi Setan ini mampu memberikan rasa kengerian bagi penontonnya adalah kejadian-kejadian dalam film ini seringkali kita resahkan, kita bayangkan dan dekat dengan kesehariannya kita. Apalagi kalau sampeyan beragama islam, mungkin akan lebih ngeh tentang keresahan-keresahan itu. 


Namun, bukannya tanpa celah. Menurut saya, ada beberapa adegan yang sebenarnya terkesan dipanjang-panjangkan. Dan ada juga plot hole atau mungkin memang disengaja dan membiarkan kita menyusun dari data yang ada lalu menyimpulkan sendiri apa yang telah terjadi. Saya tidak tahu. Tapi, tidak begitu berpengaruh terhadap keseluruhan inti cerita. Jadi, ya, masih bisa dimaafkan.


Dan kemungkinan, setelah sampeyan menonton film ini, perasaan sampeyan ketika mendengar lonceng akan berbeda. Mungkin sumbernya hanya dari pedagang es doger, tapi akan ada yang aneh. Cenderung malah jadi menyeramkan. Bukan cuman masalah lonceng, akan ada juga beberapa hal lain yang dekat dari kita, yang sebelumnya mungkin terkesan biasa-biasa saja, namun setelah menonton film ini malah jadi mengerikan. Jadi, persentase menjadi parno cukup besar.
Joko Anwar seolah-olah memberi contoh bagi sineas kita lainnya, bahwa film horror itu bukan hanya seberapa banyak jumpscare yang ada--percuma banyak, kalau semuanya meleset dan cara memancingnya begitu-begitu saja. Elemen suspense juga berperan penting untuk mendukung berhasilnya suatu film horror. Suasananya pun harus dibuat sedemikian rupa agar masuk akal dan mampu menarik simpati penonton.


Ditelisik dari endingnya, kemungkinan besar akan ada kelanjutan dari Pengabdi Setan. Tapi, jika hanya dijadikan film tunggal, pastilah saya kecewa. Karena endingnya dibiarkan menggantung seperti perasaan saya padanya.


Karena saya punya teman.
Buang jauh-jauh stereotip bahwa semua film horror Indonesia hanya berisi paha dan dada. Kasihan sineas yang telah bersungguh-sungguh ingin menghadirkan hiburan yang bagus, namun akhirnya diabaikan hanya karena film-film sejenis pendahulunya jelek. Tontonlah Pengabdi Setan. Bagus atau jelek memang urusan selera, tapi setidaknya ya tontonlah filmnya secara utuh terlebih dulu. Jangan baru lihat trailer yang tak lebih dari 2 menit lalu seenaknya menyimpulkan bahwa film film itu jelek. Maksud saya, setelah membeli tiket dan menonton sebuah film, saya rasa sampeyan sah mengatakan jelek atau mencela sebuah film, karena sampeyan adalah konsumen dan konsumen berhak melayangkan protes jika apa yang ia dapat tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan. Jangan mengecap sebelum mengicip. Apaan si.


Sana gih, ke bioskop, sudah ditunggu sama ibu. Kangen katanya.

Rate: 4/5

Komentar

  1. Ini film bagus Cuy. Gile. Gua juga sama kayak elu Win, baru pertama kali nonton film horror di bioskop ternyata begitu ya atmosfernya. Kalo elu bukan penakut, jujur gua orangnya penakut memang, dan gak ada orang yang bisa dipeluk jadinya gua bawa tas gendong buat nutupin ketakutan gua. Gua teriak anying, kampret, bangsat, wah enak ternyata kalo abis ngelewatin adegan yang serem dan moveonnya berasa lega.
    .
    Gua ngefans sama Tara Basro-nya, cantik banget, rambutnya gua suka sama ekspresi wajahnya yang imut-imut sok polos dua puluh tahunan.
    .
    Joko Anwar emang layak diberi penghargaan atas prestasinya yang katanya dia sampe sepuluh tahun ngedeketin Rapi Film buat dipercaya bikin reboot film ini. Gak sia-sia dan gua nunggu sekuelnya Pengabdi Setan.
    .
    KOMPOR GAS!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kita telah menjadi saksi sejarah:D KArena tak perlu diragukan lagi karya-karya Joko Anwar. Beliau hebat sekali dalam memilih cerita dan mengolahnya menjadi sebuah kisah yang menarik sekaligus tanda tanya.

      oya, Soal Mbak Tara BAsro saya seratus persen setuju.

      Hapus
  2. Wah... daku justru masih sedang mempertimbangkan. Masih belum berani.. tapi media serasa ngomporin. Mereka bilang film ini keren, mau diputar di beberapa negara, mau dibikin kelanjutannya, penontonnya sampai 3 juta lebih, dsb. Tapi takuuut, sama fales juga kalau tereak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segeralah menonton, mumpung masih ada di bioskop. Saya dengan ibu dan keluarga akan bertamasya ke banyak negara menebar ketakutan. Mereka bilang film ni keren karena memang film ini keren, banget. Akan menyentuh 4 juta penonton sepertinya. Semoga. Ini karya Joko Anwar lho, jangan sampai nyesel:)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Saya juga sebenarnya. Hanya saja, berhubung saya penasaran sekali dengan karya bang Joko Anwar, maka dengan sepenuh jiwa saya paksakan untuk menontonnya dan menjadi saksi film horror terseram indonesia, sejauh ini.

      Hapus
  4. Salah satu film horor Indonesia yang berkualitas dari semua sisi. Menjadi contoh untuk sineas lain yang akan membuat film horor agar membuat film horor yang tetap mempertahankan segi cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas. FIlm ini akan menetapkan standar tinggi film horror indonesia dan semoga sineas-sineas kita lainnya bisa membuat yang lebih baik lagi. Tak melulu mengeksploitasi seksual saja.

      Hapus
  5. Salah satu horror film indo yang kusuka,
    cinematographynya bagus,
    alurnya juga keren.
    memang Layak banget ke kancah dunia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Tribun Sixteenagers

Elang kebanggaan. Sumber: @sixteenagers Akan terkesan sombong dan bodoh kalau saya memukul rata bahwa semua yang membaca tulisan ini tahu apa itu sixteenagers. Oleh sebab itu, ada baiknya saya berikan sedikit penjelasan tentang nama itu. Sixteenagers adalah sebutan bagi siswa dan siswi SMA Negeri 16 Surabaya. Lebih spesifik lagi, pendukung segala macam perlombaan yang diikuti oleh sekolah. 

Tiga Pilihan Presiden Indonesia, Siapa Bisa Dipercaya?

Tidak ada. Politisi semestinya tidak diberi kepercayaan utuh – sebagus apapun kinerjanya di masa lalu dan rencana-rencana yang diwacanakan untuk masa depan. Ia patut untuk terus dicurigai, dikritik, dan dituntut atas kekuasaan yang akan/telah dimilikinya. Lord Acton, guru besar Universitas Cambridge, pernah bilang: power tends to corrupt and absolute power corrupt absolutely . Kekuasaan itu cenderung korup dan kekuasaan yang absolut cenderung akan korup secara absolut. Kabar baiknya, rakyat punya hak untuk terus mengawasi kekuasaan yang telah dimandatkan pada penguasa. Hal itu dijamin undang-undang. Tapi, hal itu tidak akan terjadi jika penguasa tidak memberi ruang untuk dikritik tuannya dan melihat segala bentuk kritik sebagai ancaman atas kekuasaannya. Seorang teman pernah bilang kalau saja saya tahu orang-orang di balik ketiga pasangan dari capres dan cawapres yang tersedia ditambah lagi rekam jejak yang menyertai mereka, saya pasti takut dan enggan untuk memihak ketiga

Tidurlah Anji, Selamat Malam

Photo by Bastien Jaillot on Unsplash Ketika teman-teman ramai mengobrol soal pelbagai macam strategi untuk mengalahkan musuh di game online, diam adalah opsi terbaik yang saya punya. Saya tak mau merusuh dan memang tak begitu tahu akan istilah-istilah asing semacam skin, ranked, dan sejenisnya. Bisa dibilang, level pengetahuan saya cukup memprihatinkan. Tapi, ketika topik pembicaraan beralih ke dunia film, mulut saya akan selalu terbuka untuk meladeni setiap cabang bahasannya. Meski tidak paham betul, setidaknya saya punya cukup bekal jika ditanyai tentang istilah seperti plot hole, spin-off, easter eggs, overshadow, dan lain-lain. Di sisi lain, teman-teman saya yang cenderung lebih senang bermain game akan lebih sering jadi pendengar, ketimbang pembicara. Sama halnya ketika saya diajak berdiskusi soal Dota atau PUBG.