Langsung ke konten utama

Hari Lahir dan Kaleidoskop 2018


Tidak ada yang menyuruh sampeyan membaca tulisan ini. Baca tulisan yang lain saja. Hush.

Sebelumnya, tulisan tentang hari kelahiran saya selalu berisi dengan hal-hal yang berkaitan dengan apa saja yang saya lakukan sebagai perayaan atas munculnya saya di dunia, kemudian saya sadar bahwa hampir tiap tahun semuanya tak jauh berbeda. Tidak ada kejutan, kue, badut, dan hal kekanak-kanakan lainnya. Tak apa. 

Oya, saya sedang flu dan agak pusing ketika menulis postingan ini, jadi saya punya alasan, selain saya memang begini adanya, jika sampeyan menemukan kata-kata atau kalimat yang membingungkan. Maafkan. Lagipula, tidakkah sampeyan punya aktivitas lain yang lebih bermanfaat ketimbang membuang-buang waktu dan kuota, barangkali, pada hal yang sama sekali tidak memengaruhi hidup kalian. 


Ini sekadar catatan rutin tiap hari kelahiran saya dan sebagaimana mewakili kata rutin, saya harus menuliskannya dalam waktu yang sudah ditentukan, meskipun sudah hampir terlewat seminggu. Bagaimanapun, harus ada yang saya tulis untuk bahan bacaan kelak, saat saya tak sanggup melakukan hal-hal yang mengancam tulang-tulang atau persendian.

Tahun ini saya berulang tahun di luar kota. Bukan sebuah kesengajaan. Ada acara jurusan yang kebetulan bebarengan dengan hari kelahiran saya. Bahkan saya curiga, teman-teman kuliah saya tidak menyadari hal tersebut. Lagipula, ya, buat apa. Hari berjalan seperti biasanya. Tidak ada tanda-tanda akan ada kejutan atau apapun itu. Hingga sore harinya, tepat di hari kelahiran saya, teman saya, Sae namanya, mengucapkan selamat ulang tahun lewat aplikasi pesan singkat, lalu menyebarkannya di grup kuliah, barulah semuanya berbondong-bondong mengucapkan hbd, habede, dan sejenisnya. Bahkan berlanjut sampai keesokan harinya, karena memang kebanyakan telat mengetahuinya.

Tapi, acara jurusan tersebut, sangat menyenangkan bagi saya. Di acara tersebut saya tertawa sampai menangis akibat kepolosan salah seorang teman saya. Tiga hari di Trawas, perut saya sixpack akibat kebanyakan ketawa. Sudah lama saya tidak tertawa lepas.

Sebenarnya, sebelum itu, keluarga saya telah mengucapkan selamat ulang tahun lewat aplikasi pesan singkat di pagi hari, kemudian beberapa teman SMA yang bermain twitter mengucapkan hal serupa waktu agak siang, padahal saya sengaja tak memasang hari ulang tahun di pelbagai media sosial yang saya gunakan, kecuali facebook karena memang jarang sekali saya buka, tapi teman saya, Icha, mengucapkannya. Saya tak tahu apa yang membuatnnya ingat hari kelahiran saya, atau mungkin ia sengaja memasang pengingat, saya tak tahu. Tapi, terima kasih. Yang pertama harus selalu dihargai, karena sisanya biasanya hanya latah saja.

Sementara itu, berbeda cerita dengan teman kuliah saya, Sae. Kebetulan kami memiliki nasib yang tak jauh berbeda, karena kami hari kelahiran kami tak terpaut begitu jauh, dia lima hari setelah saya. Seringkali, sebagai Sagittarius, kami sering dilupakan karena teman-teman telah sibuk dengan urusan liburan masing-masing, sampai lupa hanya untuk sekadar mengucapkan selamat. Meskipun, kalaupun ada, rasanya ya, biasa saja bagi saya. Kecuali orang pertama.

Yayaya, baca catatan ulang tahun saya sebelumnya jika ingin tahu kenapa ucapan selamat tak begitu bermakna bagi saya.

Saya berniat catatan hari lahir yang ini dan seterusnya kelak saya buat sebagai sarana perenungan atau interopeksi diri selama setahun belakangan. Semacam kaleidoskop. Hal-hal berkesan yang saya lalui, yang bisa saya ingat kemudian hari.

Di umur ke-18 kemarin, banyak sekali hal luar biasa yang saya alami. Beberapa doa dikabulkan Tuhan dengan cara yang tak terduga. Lebih dari itu, Dia juga memberikan apa yang tidak saya minta. Pun dengan cara yang tak terduga-duga.

Sekilas saja. Nanti kalau saya punya waktu, saya akan cerita secara utuh.

Saya pergi ke jogja dengan teman-teman SMA. Banyak kenangan tertinggal di sana.
Saya lulus dari SMA dengan nilai yang membanggakan bahagia dan haru.
Saya sebagai ketua kelas mengurus nilai teman-teman yang hendak mendaftar kuliah jalur undangan, di saat saya sendiri sudah tidak lolos seleksi awal.
Alhamdulillah, saya diterima di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga jalur SBMPTN. Bertemu teman-teman baru, cerita-cerita baru.
Dibelikan kamera orang tua sebagai hadiah atas diterimanya kuliah.
Naik kereta ke Malang untuk pertama kalinya. Kemudian menggembel di sana.
Pertama kali ikut kepanitian di Scolfest 2018. Daftar pubdok, masuk perkap. Tidak apa-apa. Pengalaman.
Diterima di Zetizen sebagai digital content creator, lalu sekarang dipindah ke reporter. Menyenangkan ketika tahu tulisan saya, ya meskipun telah disunting beberapa bagian, masuk di koran nasional. Hal itu berkat teman saya, Arga, yang member tahu kalau ada lowongan. Kudos.

Itu hal-hal yang saya ingat. Mungkin ada yang terlewat. Akan saya perbarui kalau tidak ada waktu.

Intinya, 2018, bagaimanapun juga, adalah tahun yang menyenangkan bagi saya. Banyak hal yang berhasil membuat saya bersyukur pada apa-apa yang saya dapatkan dan alami. Terima kasih.

Komentar

  1. Semoga yg tertunda di tahun 2018 bisa terwujud di tahun 2019, aamiin..

    Sukses terus mas Edwin.

    Mampir balik dong, www.kyndaerim.com

    Makasiih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atur Saja Gaya Pakaianmu Sendiri

Perlu diakui, menilai penampilan orang lain adalah kegiatan yang menyenangkan. Kita tak perlu menempuh pendidikan khusus agar mahir mengaplikasikannya. Sekali pandang saja sudah lebih dari cukup untuk mencari titik lemah dan keunggulan gaya berbusana orang lain, tentu saja tanpa perlu mempertimbangkan alas an-alasan dibalik pemilihannya, karena kita tak punya waktu untuk itu. Sebab kita hanya melihat apa yang terlihat.

Tidurlah Anji, Selamat Malam

Photo by Bastien Jaillot on Unsplash Ketika teman-teman ramai mengobrol soal pelbagai macam strategi untuk mengalahkan musuh di game online, diam adalah opsi terbaik yang saya punya. Saya tak mau merusuh dan memang tak begitu tahu akan istilah-istilah asing semacam skin, ranked, dan sejenisnya. Bisa dibilang, level pengetahuan saya cukup memprihatinkan. Tapi, ketika topik pembicaraan beralih ke dunia film, mulut saya akan selalu terbuka untuk meladeni setiap cabang bahasannya. Meski tidak paham betul, setidaknya saya punya cukup bekal jika ditanyai tentang istilah seperti plot hole, spin-off, easter eggs, overshadow, dan lain-lain. Di sisi lain, teman-teman saya yang cenderung lebih senang bermain game akan lebih sering jadi pendengar, ketimbang pembicara. Sama halnya ketika saya diajak berdiskusi soal Dota atau PUBG.

Kalau Ada Salah

Lebaran sebentar lagi dan semoga setiap kita yang mengharap bertemu dengan hari kemenangan, akan benar-benar sampai untuk merayakannya bersama keluarga besar, baik yang mudik ke kampung halaman atau hanya menetap di tempat. Walau kita seharusnya sedih karena Ramadan telah usai, karena tak ada jaminan kita akan berjumpa lagi tahun depan, meski begitu sebagai manusia yang banyak khilaf toh tak apa sedikit bersuka cita barang sehari atau dua hari. Dengan catatan segala sesuatu yang kita dapatkan selama sebulan penuh melawan nafsu bisa benar-benar kita terapkan di bulan-bulan selanjutnya. Semoga kita salah satu hamba-Nya yang berhasil.